Rabu, 25 Februari 2015

Membuat Gelas Menggunakan 3ds Max 2012 dan V-Ray



Langkah-langkah untuk membuat gelas seperti gambar diatas yaitu :
Step 1 : Buka Aplikasi 3ds max 2012 anda. Dapat juga aplikasi 3ds max 2013, ataupun 2014
Step 2 : Pilih Shapes lalu pilih Line untuk membentuk garis dari gelas yang ingin kamu buat atau seperti      gambar di bawah ini


Step 3 : Lalu masuk ke Modify pilih lathe untuk membuat garis tadi menjadi berbentuk gelas
Output : Patch
Align : Min
Direction : X
Segment : 30


Step 4 : Selanjutnya kita buat gelas menjadi lebih lembut lagi bentuknya dengan cara blok point pada gelas yang ingin di lembutkan, lalu pilih "Fillet" di bagian bawah sehingga menjadi seperti ini


Step 5 : Lakukan Fillet berulang pada sudut yang inigin di lembutkan, sehingga menjadi seperti ini


Step 6 : Setelah gelas anda selesai waktunya merender. Tekan F10 untuk masuk ke Render Setup pilih Common lalu buka Assign Renderer. Pada production pilih plugin V-Ray Adv.2.xx.xx sesuai dengan vray anda. kebetulan saya menggunakan  V-Ray Adv.2.40.03. kalau sudah, close.

Step 7 : Setting tempat render anda seperti ini, masukkan Vray Light dan set multipliernya 12 atau sesuai keinginan anda.
Juga setting VRayPhysicalCamera anda
F-Number : 8
White Balance : Custom
Custom Balance : 255,255,255 pada RGB
Shutter Speed : 20
Film Speed (ISO) : 200


Step 8 : Tekan "M" untuk masuk ke material editor. Pilih VrayMtl sebagai material gelas kita, lalu setting
Diffuse : 0,0,0 pada RGB
Reflect : 255,255,255 pada RGB
Centang Fresnel Reflections
Max depth : 10
Refract : 255,255,255 pada RGB
IOR : 1,45
Max depth : 10
Fog Color : 152,159,158
Fog Multiplier : 0,05
Fog Bias : -0,3


Step 9 : Setelah semua selesai Tekan F10 lagi untuk mengatur hasil render agar lebih bagus

Setting:
  • Ukuran Gambar sesuai keinginan anda saya membuat 720 X 900
  • pada image sampler pilih Adaptive DMC, dan Cutmull-ROM pada filter
  • pada color mapping pilih exponential
  • aktifkan indirect illumination (GI), pada primary bounces pilih "Irridiance Map" pada secondary bounces pilih "Light cache"
  • setting Irridiance Map dengan Min rate -4, max rate -3 centang pada "Show calc. Phase"
  • setting Light Cache Subdivs :800 sample size 0,02 centang "Show calc. Phase"
  • pada tab setting atur noise threshold sebesar 0,008
Kalau sudah selesai lakukan render dengan menekan F9 maka proses render akan seperti ini